Sabtu, 10 November 2012

Api St. Elmo

     Api st. elmo adalah salah satu fenomena menarik yang berhubungan dengan kilat, dan dapat untuk dimengerti, kita harus melihat apa yang terjadi pada saat munculnya kilat.
     Semua benda terdiri dari 2 partikel, positif dan negatif. Kedua partikel ini saling menarik dengan kuat, dan kalau di pisahkan, mereka mempunyai kecenderungan yang kuat untuk bersatu kembali.
     Ketika muatan negatif atau positif yang kuat terbentuk pada dasar awan, maka itu menyalakan muatan berlawanan yang berada di bawahnya bumi. Elektron mulai bergerak dari daerah bermuatan negatif ke daerah bermuatan positif. Perlahan-lahan elektron membentuk saluran partikel bermuatan antara bumi dan awan, dan ketika ada desakan elektron yang kuat, kilat muncul.
     Sekarang misalnya ada suatu cara yang memungkinkan muatan dari bumi untuk "Bocor," dan bukan membiarkan muatan itu terbentuk sampai tegangan terlalu kuat dan harus di patahkan. MAka yang muncul bukanlah kilatan petir, tapi muatan itu akan bocor dalam bentuk pengeluaran sentuhan. Beginilah cara kerja penangkalan petir. Ujung penangkal petir memungkinkan elektron untuk bocor.
     Api st.Elmo adalah kilatan yang menyertai pengeluaran sentuhan dari listrik atmosfir. Api ini muncul sebagai cahaya pada ujung benda runcing, dayung, dan pada ujung sayap, jendela, dan hidung pesawat yang sedang terbang di tengah salju kering atau di daerah sekeliling badai guntur. Pengeluaran ini kadang-kadang cukup kuat untuk menyebabkan gangguan statik pada radio pesawat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar