Senin, 18 Februari 2013

Sejarah Serangga



     Kemunculan serangga pertama kali diperkirakan pada periode Silur sekitar 400 juta tahun yang lalu. Dan, munculnya serangga yang bisa terbang adalah saat periode Karbon ketika bumi dipenuhi tumbuhan paku. Ada teori yang mengatakan bahwa serangga yang hidup di air adalah keturunan Arthopoda. Capung yang muncul di zama tersebut panjang sayapnya jika dibentangkan adalah 75 cm. Dan wujud kecoa tetap sama.



*Apa itu Arthopoda?
  = Tubuhnya berbentuk bilateral simetris, tubuh dan kakinya disusun atas segmen yang banyak. Serangga juga termasuk Arthopoda.*

     Nenek moyang serangga adalah Annelida. Jenis Annelida ini hidup di laut, tapi jenisnya nggak begitu banyak. Setelah itu , kulitnya mengeras, dan terbentuklah segmen, sehingga muncullah jenis Arthopoda yang bisa bergerak sebanyak lebih dari 300 jenis. Arthopoda yang paling banyak adalah 'Trilobite'. Lalu ada jenis yang mulai keluar dari air, sehingga berevolusi menjadi berbagai jenis serangga lain. Demi melindungi dirinya, serangga mulai berevolusi, sehingga tubuhnya mulai mengecil. Metamorfosis atau  serangga-serangga yang bertukar topen sudah terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar