Senin, 28 Januari 2013

Mutasi





     Orang pertama yang menggunakkan istilah mutasi adalah seorang ahli dari belanda yang bernama "de Bris". Ketika Ia mengembangbiakkan  bunga sundrops liar, keturunan yang didapat sering kali bunga yang aneh. Akhirnya, Ia tahu kalau peristiwa itu disebut 'hereditas', sehingga dia menggunakkan istilah 'Mutasi'
     "Thomas Hunt Morgan" (1866-1945) melakukan penelitian mutasi pada lalat buah. Kemudian dia menulis dalam laporannya bahwa gen yang terbentuk dalam kromosom akan berubah bentuk, sehingga disebut 'kekhasan genom'. Pada tahun 1933, beliau mendapatkan nobel di bidang kedokteran dan fisiologi.
     Ia memilih lalat buah karena umur mereka pendek dan mudah berkembang biak. Dan dia tidak perlu tempat luas untuk membiakkan mereka. Ia dapat mengamati dan menyusun peta kromosom dengan mudah karena jumlah kromosom lalat buah hanya 8 buah. Dengan memberi makan, cahaya dan suhu yang berbeda, dia dapat mengembangkan lalat buah.
     Awalnya, mata lalat buah berwarna merah. tapi karena terjadi mutasi, matanya menjadi putih. Tergantung dengan lingkungannya, gen bisa gagal membentuk gen yang sama. Hasilnya adalah keturunan yang sama sekali yang berbeda dengan induknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar